3 Cara Menyembunyikan Foto di iPhone Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Foto di iPhone
pixabay.com

Cara menyembunyikan foto di iPhone akan sangat membantu Anda dalam situasi tertentu. Terlebih di era digital seperti sekarang, menyimpan foto menjadi hal penting bagi para pengguna smartphone berbasis iOS ini.

Meski demikian, tidak semua foto yang tersimpan di galeri iPhone boleh dilihat oleh pengguna lain secara bebas. Terkadang, seseorang ingin tetap menjaga privasi foto-fotonya dari akses orang luar. Karena itu, menyimpan foto di folder tersembunyi bisa menjadi pilihan tepat.

Inilah 3 Cara Menyembunyikan Foto di iPhone Tanpa Aplikasi

Sebagai perusahaan ponsel terkemuka, Apple selalu memperhatikan sekecil apapun kebutuhan pengguna. Tak sekedar meluncurkan produk-produk menakjubkan, ponsel berlogo apel tergigit ini juga menghadirkan sejumlah fitur mumpuni.

Salah satunya fitur menyembunyikan foto maupun video di ponsel iPhone. Tujuan utama munculnya fitur ini adalah untuk memastikan segala gambar, foto, serta video pengguna dalam kondisi aman.

Terutama ketika pengguna iPhone kehilangan ponselnya di jalan, maka hal tersebut berisiko tinggi membuat seseorang yang menemukan bisa melihat semua file di galerinya. Namun dengan fitur canggih ini, privasi mereka akan tetap terjamin.

Cara menyembunyikan foto di iPhone sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah, dan tak perlu aplikasi tambahan. Meski demikian, banyak pengguna yang belum memahami cara melakukannya. Supaya semakin jelas silahkan simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Menyembunyikan Beberapa Foto di Folder Khusus

Cara pertama ini berlaku jika Anda hanya ingin menyembunyikan beberapa foto saja. Berikut langkah-langkah melakukannya.

  • Pertama, buka galeri atau aplikasi foto di ponsel iPhone.
  • Setelah itu, silahkan memilih foto maupun video yang ingin Anda sembunyikan.
  • Tekan dan tahan foto tersebut beberapa saat hingga muncul menu pop-up.
  • Klik opsi Sembunyikan pada menu pop-up, maka foto yang Anda pilih akan secara otomatis berpindah ke folder tersembunyi. Biasanya, folder foto yang tersembunyi berada di bagian bawah halaman layar.
  • Selesai.

2. Menyembunyikan Album Foto di Folder Khusus

Terkadang, ada beberapa pengguna yang ingin menyembunyikan semua fotonya agar tidak tampak di galeri ponsel. Mengingat memilih foto satu per satu akan memakan banyak waktu, maka Anda bisa melakukannya secara sekaligus seperti berikut ini.

  • Pertama, buka galeri atau aplikasi foto di ponsel iPhone.
  • Setelah itu, silahkan memilih album foto yang ingin Anda sembunyikan.
  • Tekan dan tahan album berisi puluhan atau ratusan foto tersebut untuk beberapa saat, hingga muncul menu pop-up.
  • Terakhir klik Sembunyikan pada tampilan menu pop-up, maka album yang Anda pilih akan secara otomatis berpindah ke folder tersembunyi.
  • Selesai.

Dengan kedua cara di atas, foto Anda akan tetap tersimpan di iPhone namun tidak bisa terlihat melalui galeri ponsel. Meski demikian, perlu diingat bahwa langkah ini bukanlah metode yang aman secara keseluruhan. Pasalnya, orang lain tetap bisa mengakses foto yang Anda sembunyikan dengan membuka pengaturan di galeri.

3. Mengaktifkan Touch ID & Passcode atau Face ID & Passcode

Cara menyembunyikan foto di iPhone akan lebih maksimal, jika Anda memberikan lapisan keamanan tambahan di folder tersebut. Salah satunya dengan mengaktifkan Touch ID & Passcode atau Face ID & Passcode seperti berikut ini.

  • Pertama, buka menu pengaturan di iPhone Anda.
  • Setelah itu, pilih fitur “Touch ID & Passcode” atau “Face ID & Passcode”.
  • Selanjutnya klik aktifkan opsi Foto Sembunyi, di bawah pilihan “Izin Akses”.
  • Selesai.

Cara menyembunyikan foto di iPhone dengan mengaktifkan Touch ID & Passcode atau Face ID & Passcode, tentu sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Pasalnya, seseorang akan semakin kesulitan membuka folder tersembunyi, tanpa mengetahui password atau Face ID yang sudah Anda buat sebelumnya. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat!