3 Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard, Efektif Untuk Dicoba

cara mematikan laptop dengan keyboard
pixabay.com

Ada beberapa cara mematikan laptop dengan keyboard yang terbilang cukup mudah dan tentunya sangat efektif untuk dicoba. Serangkaian cara ini pastinya juga menjadi sebuah solusi efektif ketika laptop sedang dalam kondisi error dan susah untuk dimatikan seperti pada umumnya. Nah, buat kamu yang ingin mencobanya, berikut ini serangkaian cara yang bisa dilakukan.

Serangkaian Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Mematikan laptop menggunakan keyboard biasanya dilakukan ketika sedang mengalami error. Hal tersebut dikarenakan sistem untuk mengoperasikan laptop menjadi lebih lemot dan tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Jadi, pengguna akan kesulitan untuk mematikan laptop melalui menu start. Jika mengalami hal terkait jangan khawatir, sebab ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan, yakni menggunakan kombinasi keyboard. Nah, berikut ini serangkaian yang bisa kamu lakukan.

Menggunakan Kombinasi Keyboard CTRL + ALT + DEL

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan kombinasi keyboard ctrl + alt + del. Kombinasi keyboard ini nantinya akan membantu memunculkan opsi shutdown di layar laptop tanpa harus menekan menu start. Nah, untuk caranya, silahkan simak berikut ini.

a. Pertama-tama, silahkan tutup semua aplikasi yang masih berjalan di laptop.

b. Jika sudah, tekan kombinasi ctrl + alt + del secara berganti.

c. Setelh itu, nanti dilayar lptop akan muncul opsi “Shutdown” di bagian pojok bawah.

d. Selanjutnya, arahkan tap menu tersebut dengan menggunakan tombol naik turun yang ada di keyboard laptop.

e. Dan yang terakhir klik enter, lalu laptop akan mati dengan sendirinya.

Menggunakan Kombinasi Keyboard ALT + F4

Cara mematikan laptop dengan keyboard berikutnya yaitu menggunakan kombinasi alt + f4. Metode ini juga terbilang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan. Selain itu, kombinasi keyboard tersebut juga dapat digunakan pada semua jenis Windows. Nah, untuk langkah-langkahnya, silahkan simak berikut.

a. pertama-tama, silahkan tutup semua aplikasi yang masih berjalan di laptop.

b. Setelah itu, silahkan tekan kombinasi keyboard Alt + F4 secara bersamaan.

c. Jika sudah, di layar laptop akan memunculkan pop up menu, lalu silahkan pilih opsi “Shutdown”.

d. Selanjutnya tekan enter, lalu laptop akan otomatis mati dengan sendirinya.

Menggunakan Kombinasi Windows + X

Cara mematikan laptop dengan keyboard berikutnya yaitu dengan menggunakan kombinasi Windows + X. Metode ini tentunya sangat cocok kamu terapkan apabila kursor laptop benar-benar tidak bisa berfungsi. Untuk cara melakukannya yaitu seperti berikut ini.

a. Pertama-tama, pastikan semua aplikasi yang masih berjalan di laptop sudah tertutup.

b. Setelah itu, tekan kombinasi Windows + X secara bersamaan.

c. Jika sudah, beberapa pilihan menu akan muncul di layar, nah kamu bisa mengklik opsi “Shut down or sign out”. Untuk memilih opsi tersebut, kau bisa menggerakkan kursor menggunakan tombol naik turun di keyboard.

d. Selanjutnya, tekan enter dan pilih lagi opsi “Shutdown”, lalu enter lagi. Dan akhirnya laptp berhasil dimatikan.

Nah, itulah ketiga cara mematikan laptop dengan keyboard yang bisa kamu coba terapkan. Dengan beberapa kombinasi keyboard diatas, tentu bisa menjadi solusi efektif apabila laptop tidak bisa dimatikan menggunakan menu start.