Gadget  

Cara Mengatasi Laptop Ngelag Secara Tiba-Tiba Dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Ngelag Secara Tiba-Tiba Dengan Mudah
unsplash.com

Cara mengatasi laptop ngelag berurusan dengan laptop yang terlambat sangat penting untuk mendukung berbagai fungsi. Jika laptop Anda sering lemot, sebaiknya gunakan cara untuk memperbaikinya agar tidak merusak laptop.

Penggunaan laptop secara rutin dalam waktu yang lama saat bekerja dan belajar di rumah ternyata dapat mempengaruhi kinerja laptop. Tidak hanya mengganggu pekerjaan, masalah ini juga dapat mempengaruhi penggunaan di laptop Anda. 

Cara Mengatasi Laptop Ngelag Dengan Sederhana

Laptop yang lemot menjadi masalah yang cukup besar bagi pengguna, karena hal ini otomatis akan mengganggu kegiatan kita. Laptop lambat atau lag adalah mode perangkat portabel dengan respons lambat atau waktu loading yang sangat lama.

Masalah ini tentunya akan sangat mengganggu pekerjaan dan aktivitas yang sedang dilakukan penyebab laptop lemot sendiri bisa karena beberapa kendala atau masalah. Seperti banyak program yang berjalan di latar belakang laptop, sistem operasi tidak diperbarui, virus, perangkat kotor, untuk mengatasinya Anda bisa menyimak tips berikut.

Nyalakan Ulang

Cara mengatasi laptop ngelag yang pertama Anda bisa menyalakan ulang laptop Anda, Restart laptop Anda adalah cara termudah untuk menangani laptop yang tertinggal. Jika laptop yang Anda gunakan mengalami lag yang parah, Anda bisa langsung restart atau mematikannya.

Cara ini sangat efektif ketika berhadapan dengan laptop, karena beberapa perangkat lunak dan pengaturan sistem operasi harus dimulai ulang dari awal. Sehingga laptop Anda akan kembali lebih baik dan tidak akan lemot saat Anda gunakan.

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Jadi yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi yang diperlukan, sehingga tidak terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan.

Ini mengacu pada RAM atau penyimpanan laptop, semakin sedikit aplikasi yang dibuka, semakin banyak kapasitas RAM yang dibebaskan untuk bekerja. Sehingga laptop Anda tidak akan lemot, cukup dengan membuka aplikasi yang memang Anda perlukan saja.

Lakukan Pembaruan

Cara mengatasi laptop ngelag berikutnya Anda bisa melakukan pembaruan Laptop, mungkin penyebab laptop Anda lemot karena perangkat yang belum diperbarui.  Setelah Anda memperbarui sistem operasi dari perangkat tersebut biasanya kinerja laptop akan membaik.

Biasanya saat Anda menggunakan metode ini cukup efektif untuk mengembalikan kinerja laptop yang Anda perbarui. Perbaikan ini juga dapat mencegah laptop Anda dari ngelag, sehingga Anda bisa menggunakan laptop dengan lebih lancar.

Bersihkan Laptop Dari Virus

Kelambatan portabel juga dapat disebabkan oleh berbagai virus seperti malware, ransomware, dan jenis lainnya. Solusinya adalah dengan membersihkan laptop Anda dari virus, Anda bisa menginstal perangkat lunak antivirus untuk mendeteksi dan menghapus virus.

Pastikan untuk memindai laptop Anda secara teratur setelah menginstal program antivirus. Artinya, virus pada laptop tentunya dapat dengan cepat diidentifikasi dan diobati. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa antivirus yang diinstal adalah yang resmi dan sah, bukan bajakan dan versi terbaru. 

Tambah Kapasitas Penyimpanan

Cara mengatasi laptop ngelag lainnya adalah dengan menambah kapasitas penyimpanan, prosedur ini dapat dilakukan dengan memilih dua langkah. Pertama, Anda dapat menghapus data dalam jumlah besar atau aplikasi yang tidak perlu. Ini melemaskan kapasitas penyimpanan.

Pilihan lainnya adalah mentransfer data ke penyimpanan eksternal seperti flash drive atau hard drive eksternal. Anda juga dapat menggunakan layanan cloud atau layanan cloud untuk mentransfer data ini.