Kekurangan Menabung di Bank yang Perlu Diketahui agar Tidak Menyesal

Kekurangan Menabung di Bank yang Perlu Diketahui Agar Tidak Menyesal
pixabay.com

Apakah Anda tahu bahwa ada Kekurangan menabung di bank? Mungkin kekurangan ini masih belum banyak orang ketahui. Sebab selama ini memang lebih banyak yang membicarakan kelebihannya.

Bank merupakan suatu badan usaha yang bertanggung jawab untuk menghimpun dana masyarakat dalam bentuk pinjaman. Mereka juga bertanggung jawab dalam menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit ataupun lainnya.

Secara umum, bank menjadi lembaga yang berwenang untuk menerima simpanan uang, meminjamkan, dan bahkan menerbitkan surat sanggup bayar. Adapun kata bank berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti sebagai tempat penukaran uang.

Apa Saja Kekurangan Menabung di Bank?

Seiring berkembangnya zaman, cara menabung masyarakat kini juga ikut berkembang. Sebagian besar masyarakat kini memiliki untuk menabung di bank karena memiliki berbagai keuntungan.

Menabung di bank memang lebih menjamin keamanan. Selain itu, menabung di bank juga bisa lebih efektif untuk sebagian orang. Sehingga, tidak heran jika tren menabung di bank selalu meningkat.

Ketika menabung uang tunai, maka tentu saja diri Anda akan was-was dengan kemungkinan kejahatan yang mengintai. Apabila menabung di bank, Anda akan mendapatkan kartu ATM yang dapat digunakan sebagai media transaksi dengan keamanan tinggi.

Selama ini mungkin Anda sudah terlalu sering mendengar keuntungan menabung di bank. Memang menabung di bank bisa memberikan keuntungan lebih karena adanya bunga. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan beberapa kekurangan menabung di bank berikut ini.

Menabung di Bank Tidak Gratis

Kekurangan pertama yang perlu Anda ketahui adalah menabung di bank tidak sepenuhnya gratis. Ketika Anda memutuskan menabung di bank, maka harus rela dengan uang tambahan.

Hal itu karena bank menetapkan biaya administrasi setiap bulan untuk para nasabahnya. Bilangan administrasi pun tergantung dengan jenis tabungan yang Anda pilih.

Meski demikian, ada beberapa jenis tabungan perbankan yang tidak memiliki biaya administrasi. Tentu saja Anda perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tabungan Bank Memiliki Limit Transaksi

Selanjutnya adalah bank memiliki limit transaksi. kekurangan satu ini menjadi salah satu yang perlu Anda perhatikan dengan seksama.

Umumnya setiap bank menetapkan batasan limit transaksi setiap harinya dan juga saldo minimum yang harus tersedia di dalam rekening. Jadi, Anda tidak bisa mengambil semua tabungan begitu saja.

Limit transaksi transfer atau penarikan setiap harinya mungkin bisa bertambah seiring berjalannya waktu. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku dengan minimal saldo. Setiap bank memiliki peraturan minimal saldo yang berbeda-beda, sehingga dapat Anda sesuaikan.

Uang Tidak Langsung Bertambah

Menabung di bank itu berbeda dengan menabung secara investasi. Kekurangan menabung di bank yang selanjutnya adalah uang Anda tidak akan bisa langsung bertambah. Anda perlu memperhatikan hal ini agar tidak merasa tertipu di kemudian hari.

Bunga dari bank pun tidak besar dan beberapa bahkan tidak ada. Anda hanya bisa mendapatkan bunga rata-rata sekitar 1 persen dengan menabung di bank.

Sehingga, menabung di bank tidak cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan besar. Bank hanya menyimpan dana yang Anda setorkan dan menjamin keamanannya. Jika sewaktu-waktu Anda ingin mengambilnya, maka proses akan lebih mudah.

Itulah berbagai kekurangan menabung di bank yang perlu Anda ketahui. Di balik kelebihannya, ternyata menabung di bank juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Apabila sudah mantap dan siap menerima kekurangan tersebut, maka bisa langsung membuka tabungan di bank.