Gadget  

Cara Meghidupkan Hp yang Mati Total Dengan Mudah

Cara Meghidupkan Hp yang Mati Total Dengan Mudah
unsplash.com

Cara menghidupkan hp yang mati total sering dicari oleh mereka yang sedang menghadapi permasalahan ini. Ponsel tiba-tiba mati saat digunakan, tentunya akan membuat kita panik dan khawatir, sehingga harus membeli kembali ponsel tersebut.

Tentu membeli ponsel baru tidaklah murah, bahkan kita harus merogoh kocek jutaan rupiah untuk mendapatkan ponsel dengan fitur yang lumayan. Namun, sebenarnya Anda bisa menghidupkan ponsel yang tadinya mati total dengan beberapa cara.

Cara Menghidupkan Hp yang Mati Total, Agar Kembali Menyala

Jadi, jika Anda sedang menghadapi musibah ini, sebaiknya jangan terburu-buru membeli ponsel baru. Hal ini dikarenakan ada banyak cara atau tutorial untuk menghidupkan kembali ponsel yang mati total.

Beberapa cara ini pasti patut dicoba sebelum kita menyesal menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki atau membeli ponsel baru. Nah, lebih jelasnya Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini jika mengalami masalah hp mati total.

Periksa Stop Kontak

Cara menghidupkan hp yang mati total yang pertama adalah memastikan soket atau stop kontak yang digunakan untuk mengisi daya ponsel berfungsi dengan baik. Stop kontak yang berfungsi dengan baik dengan lampu indikator ditunjukkan saat lampu indikator menyala.

Namun, jika Anda tidak memiliki stop kontak dengan lampu indikator, Anda dapat mencoba mengisi daya ponsel di stop kontak lain. Karena biasanya permasalahan stop kontak bisa menjadi penyebab utama ponsel Anda mati total.

Coba Menggunakan Carger Lain

Terkadang masalah ini disebabkan oleh kabel charger USB yang ternyata rusak atau tidak berfungsi. Untuk memeriksa, untuk melihat apakah ponsel masih dapat berfungsi atau tidak Anda bisa mencoba menggunakan pengisian daya lain.

Terkadang masalah charger bisa menjadi penyebab ponsel Anda mati total, bukannya menambah daya justru terus mengurangi daya. Untuk itu, cobalah dahulu menggunakan charger lain yang sekiranya cocok dengan ponsel Anda.

Periksa Pengisian Daya

Cara menghidupkan hp yang mati total selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa port pengisian daya. Mungkin ada uap air atau kabel di konektor yang mencegah ponsel Anda menarik daya dari pengisi daya.

Jika terdapat kotoran pada konektor, Anda dapat mencoba membersihkannya dengan meniupkan udara kering pada konektor. Atau menggunakan benda kecil untuk menghilangkan kotoran tersebut, usahakan port tidak terkena air agar dapat berfungsi dengan baik.

Restart Hp

Masalah hp mati total bisa juga disebabkan karena beberapa perangkat lunak dalam hp Anda mengalami masalah. Anda dapat memperbaikinya dengan menghidupkan ulang ponsel dengan mencolokkan ponsel ke pengisi daya dan menahan tombol daya selama 10-15 detik. 

Tunggu hingga proses restart selesai dilakukan, jika hp Anda mati karena masalah ini otomatis hp tersebut akan langsung menyala ketika Anda hidupkan. Jadi Anda tidak perlu lagi merasa khawatir jika hp tiba-tiba mati, sebaiknya coba lakukan restart terlebih dahulu untuk menghidupkan hp.

Ganti Baterai

Jika cara-cara di atas tidak membantu, upaya terakhir adalah mengganti baterai sesegera mungkin sebelum merusak bagian lain. Karena bisa jadi permasalahan hp mati total disebabkan karena baterai yang rusak sehingga Anda harus segera menggantinya.

Cara menghidupkan hp yang mati total Anda bisa melakukan penggantian baterai melalui jasa service, karena mereka pasti lebih paham dalam melakukannya. Selain itu, ketika menggunakan jasa service uang Anda biasanya akan kembali ketika ponsel tidak berhasil menyala setelah ganti baterai.