OKE! Letak Nomor Seri SKHUN Letak dan Cara Mencarinya di Internet

Nomor Seri SKHUN Letak dan Cara Mencarinya di Internet
pixabay.com

Nomor seri SKHUN letak dan cara mencarinya di internet penting untuk Anda ketahui. Nomor seri SKHUN bisa Anda dapat ketika sudah mendapatkan surat tentang hasil ujian. Ketika sudah berhasil menyelesaikan ujian sekolah, tentu Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional sebelum turunnya ijazah. 

Penjelasan Nomor Seri SKHUN Letak dan Cara Mencarinya di Internet

SKHUN memang penting bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan. Dalam surat tersebut tentu akan ada nomor seri yang bisa menjadi pembeda antar pemilik. Orang yang sudah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan pasti akan memiliki nomor SKHUN yang berbeda dengan orang lain. 

Namun, belum banyak yang tahu di mana letak nomor serinya. Bahkan mungkin sudah lupa di mana SKHUN Anda letakkan. Tidak perlu khawatir, letak nomor seri SKHUN dilihat oleh banyak orang. 

Nomor seri SKHUN edisi terdahulu terletak pada bawah tanda tangan kepala sekolah. Sedangkan pada edisi terbaru, letak nomor seri SKHUN berada pada atas barcode sebagai pengganti tanda tangan dari kepala sekolah. Anda bisa memperhatikan letak nomor seri tersebut pada SKHUN untuk bisa mengetahuinya.

Perbedaan Nomor Seri SKHUN dan Ijazah

Nomor seri SKHUN letak dan cara mencarinya di internet bisa Anda ketahui dengan mudah. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui tentang perbedaan nomor seri SKHUN dan ijazah. Kedua surat penting tersebut tentu memiliki perbedaan yang cukup mencolok. 

Sebaiknya perlu mengetahui perbedaan ini supaya tidak salah dalam input data. Berikut ini merupakan perbedaan nomor seri SKHUN dan ijazah:

1. Perbedaan Letak

Nomor seri SKHUN dan ijazah memiliki perbedaan pada letaknya. Letak nomor seri Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional terletak pada lembar SKHUN yaitu berada di bawah tanda tangan kepala sekolah. Sedangkan letak nomor seri ijazah tentu terletak pada lembar ijazah yaitu pada bawah tanda tangan kepala sekolah.

2. Perbedaan Kode Angka

Nomor seri ijazah dan SKHUN memiliki kode angka yang berbeda. Kode angka untuk ijazah unik karena sesuai dengan penggolongan setiap provinsi Indonesia. Sedangkan kode angka pada SKHUN mudah untuk menebaknya karena berdasarkan dengan nomor ujian peserta didik.

3. Perbedaan Kode Huruf

Nomor seri ijazah atau nomor SKHUN akan terdiri dari huruf dan angka. Untuk nomor seri ijazah akan diawali dengan huruf DN atau LN. Huruf tersebut memiliki arti dalam negeri atau luar negeri.

Setelah kode huruf tersebut juga akan terdapat kode huruf tentang lembaga tempat sekolah seperti DN-MA. Sedangkan untuk nomor SKHUN omongannya terdapat huruf yang bisa menjadi pertanda pelaksanaan ujian. Besarnya kode huruf BK yang berarti ujian dengan berbasis komputer.

4. Perbedaan Fungsi

Nomor seri ijazah dan SKHUN memiliki fungsi yang berbeda. Nomor seri ijazah memiliki fungsi untuk memberikan informasi nilai ujian siswa secara keseluruhan. Sedangkan nomor seri SKHUN memiliki fungsi untuk informasi nilai ujian nasional siswa. Hal itu berarti hanya beberapa mata pelajaran yang siswa lalui setara nasional.

Cara Mencari Nomor SKHUN pada Internet

Saat ini Anda bisa mencari nomor SKHUN secara online pada teknologi internet. Sehingga tidak perlu khawatir apabila tidak kunjung menemukan SKHUN. Berikut ini merupakan cara mencari nomor SKM secara online:

  1. Buka browser, lalu ketik situs https://shun.pusmenjar.kemendikbud.go.id/.
  2. Pada ujung situs tersebut Anda bisa menambahkan nomor ujian nasional.
  3. Setelah itu klik cari, maka akan muncul lembar SKHUN Anda.
  4. Anda bisa print SKHUN tersebut dengan klik CTRL+P dan save dalam bentuk PDF.

Itulah ulasan tentang nomor seri SKHUN letak dan cara mencarinya di internet. Dengan mengetahui hal tersebut, tidak akan salah lagi dalam menemukan nomor SKHUN.