Gadget  

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Kenali Faktornya

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Kenali Faktornya
pexels.com

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi terjadi oleh beberapa faktor. Keyboard adalah salah satu perangkat penting pada laptop maupun komputer. Meski demikian, keyboard juga seringkali menjadi tidak berfungsi secara tiba-tiba. Masalah ini tentu hanya akan merepotkan para pengguna. Kondisi pada keyboard laptop seperti ini bisa dialami siapapun. Untuk itu penyebab tidak berfungsi perlu Anda ketahui segera agar bisa mengatasinya.

Kenali Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard memiliki peran sangat penting yang pada pada laptop maupun komputer. Tanpa adanya keyboard, Anda tidak bisa mengetik, mengerjakan tugas hingga menyelesaikan pekerjaan penting dengan laptop kesayangan. Untuk itu, keyboard laptop perlu Anda jaga dan tidak boleh sampai rusak.

Namun, keyboard laptop tidak berfungsi bisa terjadi kapan saja. Hal ini jelas perlu Anda perbaiki segera. Hal ini agar tidak menghambat produktivitas, baik kalangan mahasiswa atau pekerja. Mungkin Anda ingin tahu penyebab hal ini bisa terjadi serta cara mengatasinya. Adapun beberapa faktor yang membuat laptop tidak berfungsi, adalah sebagai berikut.

Keyboard Kotor

Mungkin Anda jarang membersihkan bagian keyboard. Padahal keyboard yang tidak berfungsi bisa terjadi akibat kondisinya yang kotor. Saat ada minyak maupun kotoran menumpuk lainnya pada laptop kemungkinan membuat berhenti berfungsi. Masalah ini bisa terjadi pada sebagian orang, namun sering diabaikan. Apalagi Anda jarang sekali merawatnya.

Keyboard laptop sebenarnya juga perlu perawatan yang benar dalam memaksimalkan kondisi serta fungsinya. Meski untuk membersihkannya mungkin salah satu hal yang cukup sulit dilakukan. Sebab, Anda perlu mencari celah kecil di antara banyak tombol untuk bisa membersihkannya.

Driver Keyboard yang Salah

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya yakni driver keyboard yang salah. Masalah driver keyboard juga termasuk salah satu penyebab keyboard menjadi tidak berfungsi. Masalah ini bisa saja terjadi saat menyesal perangkat lunak pihak ketiga. Ternyata juga bisa mempengaruhi kinerja pada driver keyboard. Saat mematikan laptop secara tidak tepat dan tidak melalui perintah shutdown bisa juga hanya menambah masalah ini.

Jika Anda ingin mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula, hal yang bisa dilakukan dengan restart laptop. Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa coba melakukan restart laptop. Saat masih bisa mematikan laptop melalui tombol Start, maka matikan laptop Anda. Namun, jika ternyata hal tersebut tidak memungkinkan. Kini bisa tekan tombol power selama 5 detik untuk mematikannya secara paksa. 

Pengaturan yang Tidak Kompatibel

Saat keyboard laptop tidak berfungsi mungkin penyebabnya pada pengaturan yang tidak kompatibel. Sebagian akan membuat frustasi dan stres, apalagi saat membutuhkannya untuk bekerja. Masalah ini memang bisa terjadi akibat penggunaan atau sistem yang tidak berjalan dengan maksimal.

Keyboard Rusak

Mengalami masalah keyboard yang rusak atau tidak berfungsi, sebagian akan merasa kesulitan untuk mengatasinya. Terkadang masalah ini juga akan membutuhkan teknisi. Saat Anda mengalami keyboard yang rusak, akan lebih baik membawanya ke tempat servis. Namun Anda juga bisa memilih memperbaikinya sendiri jika memang memiliki keahlian.

Terkena Cairan Tertentu

Makanan atau ketumpahan minum juga bisa menjadi faktor keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik. Tidak hanya air minum aja, hal ini juga bisa terjadi jika laptop terkena air hujan akibat atap yang bocor. Fungsi keyboard laptop Anda menjadi terhambat dan akan mengganggu kinerja.

Terdapat beberapa penyebab keyboard laptop tidak berfungsi yang perlu segera Anda ketahui. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka bisa segera mencoba mengatasi masalah tersebut.