Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi Sederhana yang Efisien

Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi
Pixabay.com

Banyak yang masih bertanya-tanya cara membuat buku keuangan pribadi yang sederhana dan baik. Mencatat keuangan pribadi bisa Anda lakukan secara berkala, sehingga pengelolaan keuangan akan berjalan lebih baik.

Untuk pencatatannya sendiri bisa Anda lakukan secara manual atau bisa menggunakan software yang sudah tersedia di pasaran. Informasi yang terdapat dalam pembukuan berupa sumber pendapatan berikut jumlahnya, pemasukan, belanja, hingga hal lain yang berkaitan dengan dana pribadi.

Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi Sederhana yang Efisien

Tujuan dari dibuatnya catatan keuangan adalah untuk menyediakan informasi tentang posisi keuangan. Termasuk juga kinerja dan perubahan posisi yang bisa digunakan untuk dasar pengambilan keputusan. Ada dua tipe laporan keuangan untuk kategori pribadi, yakni laporan neraca keuangan pribadi dan laporan arus kas pribadi.

Anda bisa menyimak cara membuat buku untuk keuangan pribadi yang sederhana dan mudah. Anda bisa menggunakannya untuk memantau pengeluaran sehari-hari.

Menggunakan Notes di HP

Dalam melakukan pencatatan keuangan ini Anda bisa memanfaatkan notes di HP. Cara yang satu ini mudah untuk Anda lakukan dalam mencatat pengeluaran setiap harinya. Anda bisa mencatat suatu pengeluaran berikut harganya dan pemasukan di notes HP.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk pencatatan keuangan yang bisa Anda unduh secara gratis di platform yang menyediakan.

Buat Rencana Tabungan

Anda bisa menambahkan beberapa rencana tabungan dalam pencatatan keuangan yang menerapkan berapa persen uang yang akan Anda alokasikan ke tabungan. Misalnya seperti 40% atau 20% dari jumlah gaji yang ingin Anda tabung. Anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang akan didahulukan.

Memanfaatkan Spreadsheet

Cara membuat buku keuangan pribadi ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi spreadsheet dan juga mengisi beberapa bagian seperti asset, cash, liabilitas, dan flow. Anda juga bisa menambah sisi khusus yang berfungsi untuk menghitung net worth atau kekayaan bersih.

Catatan Pendapatan

Pendapatan adalah penghasilan yang Anda dapatkan untuk memenuhi tujuan finansial Anda. Bisa berupa pendapatan dari gaji bulanan, imbal hasil dari investasi, dan penghasilan tambahan.

Catatan Pengeluaran

Kemudian Anda bisa menentukan tujuan dari menabung dan memiliki tempat untuk mencatat pengeluaran. Anda bisa memulainya dengan mencatat yang merupakan poin penting terkait cara membuat buku keuangan pribadi. Dari pengeluaran ini bisa berwujud pengeluaran yang kerap Anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan catatan ini Anda bisa memakainya untuk mengukur kemampuan finansial memenuhi kebutuhan. Terlebih lagi dalam mencatat kebutuhan-kebutuhan yang bersifat wajib. Misalnya seperti untuk kebutuhan makan, membayar cicilan, dan lain sebagainya.

Membuat Laporan Cash Flow

Cash flow adalah saluran arus kas bulanan dalam keuangan pribadi Anda. Arus kas adalah catatan dari jumlah penghasilan yang Anda punya dari gaji bulanan atau beberapa income tambahan. Anda juga harus mencatat semua pengeluaran pada bulan tersebut.

Termasuk dengan pengeluaran utama, seperti transportasi, tagihan listrik, belanja bulanan, dan lain sebagainya. Dari total penghasilan serta pengeluaran bisa Anda selisihkan untuk dapat mengetahui pendapatan bersih yang akan Anda peroleh.

Jika bersifat positif, maka total pendapatan lebih besar daripada pengeluaran. Begitupun dengan sebaliknya. Membuat buku keuangan untuk setiap pribadi bisa menjadi hal yang wajib untuk Anda lakukan supaya kondisi finansial semakin teratur dan sehat.

Cara membuat buku keuangan pribadi yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi referensi Anda. Dengan melakukan pencatatan, Anda bisa lebih terarah untuk mewujudkan tujuan finansial. Anda juga bisa mengevaluasi agar tidak menjadi boros atau melebihi penghasilan.