Pengertian Aplikasi Canva, Desain Grafis Populer Bagi Pemula dan Profesional

Aplikasi Canva Adalah Desain Grafis Populer Bagi Pemula dan Profesional
unsplash.com

Aplikasi Canva adalah aplikasi yang cukup populer belakangan ini. Menggunakan fitur ini, memungkinkan Anda membuat berbagai desain menarik, meskipun Anda tergolong masih pemula. Di era media sosial sekarang ini, konten menjadi salah satu hal yang tidak bisa diabaikan, apalagi menyangkut elemen visual.

Canva adalah situs web yang memungkinkan Anda membuat konten visual apapun, platform yang populer dengan konten visual yakni Instagram. Banyak dari penggunanya berlomba-lomba mengunduh konten visual terbaik di dunia maya.  

Aplikasi Canva Adalah Aplikasi Desain Grafis yang Mudah dan Menyenangkan

Canva adalah situs web dan aplikasi yang menyediakan berbagai fitur khusus dalam membuat desain grafis. Hasil desain tersebut, nantinya akan terbit secara online. Canva dirilis pada tahun 2013 dan saat ini menjadi salah satu program terpopuler. Karena kemudahan penggunaannya bahkan untuk pemula.

Anda dapat mengakses Canva melalui laman pada situs web, aplikasi desktop, ataupun pada perangkat seluler. Hal ini akan memudahkan kreativitas Anda di mana saja, kapan saja. Saat ini, tidak perlu skill yang khusus untuk bisa mendalami ilmu desain grafis. Anda hanya perlu menggunakan smartphone, dan mengunduh aplikasi ini, untuk berbagai keperluan branding produk Anda.

Kegunaan Canva

Aplikasi Canva adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai template untuk kebutuhan pribadi dan profesional Anda. Bahkan Anda bisa membuat presentasi bergaya PowerPoint, membuat konten Instagram untuk umpan, cerita, dan iklan dengan opsi animasi atau statis.

Publikasi desain, sampul, iklan, sampul acara, video Facebook, dan cerita Facebook, edit video untuk berbagai platform media sosial. Desain poster, membantu membuat resume, atur infografis, peta pikiran, pewarnaan foto, latar belakang virtual, format kalender, spreadsheet, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Akun Canva

Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi ini di komputer atau ponsel Anda, Anda harus membuat akun untuk dapat menggunakan alat yang ada. Anda dapat mendaftar atau login dengan akun Gmail atau Facebook.

Atau, Anda juga dapat mendaftar dengan memasukkan data pribadi Anda, selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa langsung menggunakan websitenya. Biasanya opsi ini dipilih bagi Anda yang tidak memiliki banyak memori penyimpanan yang mencukupi.

Cara Membuat Desain Pertama

Aplikasi Canva adalah aplikasi desain, bagi Anda yang baru pertama menggunakannya mungkin masih sering merasa kebingungan. Pemula juga bisa memilih model yang ada. Dengan menggunakan template, Anda tidak perlu khawatir untuk menyesuaikan foto, latar belakang, atau mendesain komposisi.

Cukup pilih salah satu template gratis yang tersedia lalu sesuaikan kontennya untuk memulai membuat desain sesuai dengan keinginan. Anda dapat langsung mengklik teks, foto, atau elemen lain yang akan diganti lalu mengisinya sesuka Anda. 

Fitur Canva

Sebagai platform desain yang cukup populer, tidak heran jika Canva memiliki banyak alat dan fitur tersedia bagi para penggunanya. Hal tersebut merupakan upaya untuk menyenangkan para penggunanya saat proses mengasah kreativitas berlangsung. Tidak hanya fitur-fitur ini cukup kuat, tetapi juga mudah dipahami dan digunakan oleh orang awam, sehingga siapa pun dapat mendesain dalam hitungan menit.

Fitur paling penting dan terbaik dari Canva adalah tempatnya Anda dapat mengimpor PDF ke spreadsheet dan membuat desain Anda terlihat online. Selain itu, masih banyak fitur Canva yang bisa Anda manfaatkan baik berlangganan maupun secara gratis.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, apakah Canva merupakan platform desain online yang layak untuk dicoba. Anda tidak perlu lagi khawatir membuat desain grafis dari nol karena ada banyak template video dan gambar animasi yang bisa langsung Anda gunakan.

Aplikasi Canva adalah aplikasi yang akan membantu Anda menghasilkan desain pekerjaan yang dangan menarik. Desain yang menarik meninggalkan kesan yang baik pada semua orang dan membuatnya menjadi daya tarik.