Gadget  

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Sesuaikan Penyebabnya

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri
pexels.com

Cara mengatasi laptop restart sendiri bisa dilakukan dengan mudah. Laptop restart sendiri tentunya menjadi masalah yang akan mengganggu Anda. Masalah tersebut juga akan membuat pekerjaan yang sedang Anda kerjakan hilang secara tiba-tiba.

Laptop yang sering restart bisa terjadi akibat adanya masalah pada sistem atau perangkat. Biasanya masalah tersebut berasal dari virus, panas atau overheat, hingga fitur yang salah terpasang. Jika laptop Anda sering mengalami masalah tersebut, perlu segera mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri, Berikut Langkahnya

Anda tentu akan merasa jengkel jika laptop sering restart. Data-data yang Anda kerjakan kemungkinan akan hilang. Alhasil, Anda perlu mengulang kembali dari awal. Masalah tersebut jika terjadi sekali atau dua kali masih bisa Anda tolerir. Namun jika kejadian ini terus berulang, maka akan menjadi sangat kesal.

Laptop yang restart tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari malfungsi software, hardware, hingga keberadaan virus. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah tersebut kembali, berikut adalah cara mengatasinya.

Nonaktifkan Pengaturan Restart Otomatis

Jika Anda memiliki laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, terdapat pengaturan yang belum banyak diketahui. Salah satunya yakni Automatic Restart. Fungsi dari fitur tersebut jika terdapat error saat laptop sedang Anda gunakan.

Pengaturan awalnya pada fitur tersebut akan otomatis menyala. Namun, Anda bisa juga mencoba menonaktifkan fitur ini agar mencegah laptop restart sendiri. Adapun langkah mengatasi laptop restart sendiri dengan cara ini, sebagai berikut.

Silahkan tekan tombol Win + X, lalu pilih system. Kemudian klik advanced system settings pada  sebelah kanan.

Selanjutnya pilih tab advanced dan klik tombol settings pada kotak startup and recovery. Pada bagian bawah kotak box system failure, lalu hapus centang pada “Automatically Restart”. Jika sudah bisa klik OK/Apply.

Cek Harddisk

Laptop restart sendiri bisa terjadi akibat masalah pada harddisk. Komponen ini yang memiliki fungsi dalam penyimpanan file yang isinya data-data sistem operasi. Kemungkinan ada masalah pada file harddisk atau sebagian hardisk tidak terbaca.

Sehingga hanya akan menyebabkan crash aplikasi atau laptop menjadi restart sendiri. Untuk itu, perlu periksa dengan melakukan scanning atau cek file di harddisk. Bahkan juga bisa melakukan defragment dalam memulihkan harddisk yang bermasalah.

Cek Memori RAM

Cara mengatasi laptop restart sendiri bisa dengan mengecek memori RAM. Memori RAM adalah tempat semua data akan diolah serta diproses. Jika memori RAM mengalami masalah, maka pengolahan data juga akan terganggu dan laptop menjadi restart sendiri. Kemungkinan fisik dari RAM sudah rusak dan kendur dari soket laptopnya. Selain itu, juga memang bermasalah pada bagian dalam RAM.

Anda bisa memeriksa bagian soket RAM terlebih dahulu. Jika sudah melakukan cek dan tidak kendur, maka bisa membersihkan soket RAM tersebut. Hal ini agar tidak ada debu maupun kotoran yang menghambat kerja RAM.

Install Ulang Laptop

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop tiba-tiba restart yakni dengan install ulang sistem laptop. Namun jika akan melakukannya data-data akan hilang. Untuk itu, sebelumnya Anda perlu melakukan back up file atau data dari laptop tersebut.

Cara mengatasi laptop restart sendiri bisa Anda coba lakukan. Laptop sebagai benda elektronik yang sering digunakan sehari-hari, sehingga perlu merawatnya dengan baik. Dengan demikian, laptop bisa Anda gunakan dengan baik dan nyaman.