Gadget  

Kipas Laptop Tidak Berputar, Ketahui Cara Mengatasinya

Kipas Laptop Tidak Berputar
pexels.com

Kipas laptop tidak berputar membuat kinerja tidak optimal. Masalah tersebut mungkin hampir dialami oleh semua orang. Tak hanya menjaga sirkulasi udara, namun kipas laptop yang berperan penting sebagai pendingin. Jika kipas mengalami kerusakan, bukan tak mungkin laptop Anda jadi cepat panas.

Anda tentu tidak bisa jika terus membiarkannya. Kondisi tersebut berpotensi merusak komponen laptop yang lainnya. Pada akhirnya laptop tersebut tidak bisa Anda gunakan kembali. Untuk itu, ketahui cara mengatasi kipas laptop yang tak berfungsi.

3 Cara Mengatasi Kipas Laptop Tidak Berputar

Pemakaian laptop oleh masing-masing pengguna tentu memiliki intensitas yang berbeda-beda. Jika menggunakannya dalam frekuensi tinggi dan waktu yang lama bisa menimbulkan masalah. Hal tersebut bisa membuat kipas laptop bekerja lebih ekstra dalam mendinginkan CPU.

Jika hal tersebut terus dilakukan hanya akan membuat kinerja kipas laptop tidak optimal. Bahkan kemungkinan terburuk bisa mengalami kerusakan. Saat mengalami masalah kipas tidak berputar, ketahui cara mengatasinya berikut ini.

Naikkan Kecepatan Kipas

Kemungkinan sebenarnya kipas masih jalan, namun putaran (RPM) dari kipasnya yang lemah. Anda dapat mengatur kipas tersebut, yaitu dengan cara menaikkan speed-nya. Hal ini yang dilakukan agar bisa berfungsi secara optimal kembali. Cara yang bisa Anda lakukan sendiri melalui BIOS maupun aplikasi.

Salah satu langkah paling mudah dengan menggunakan aplikasi SpeedFan. Anda bisa mencoba atasi kipas laptop tidak berputar dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Silakan download aplikasi SpeedFan terlebih dahulu. Jika sudah download, lalu install aplikasi SpeedFan pada laptop yang sedang bermasalah. Selanjutnya, buka aplikasi SpeedFan dan pilih menu Configure pada tab Readings.

Pada kotak dialog Configure akan terlihat, lalu silahkan klik tab Options. Kemudian pilih opsi Set fans to 100% on program exit. Jika sudah mengaturnya bisa klik tombol OK dan Selesai.

Cek dan Bersihkan Kipas

Anda mungkin sering menggunakan laptop, namun jarang untuk membersihkannya. Hal ini bisa saja menjadi alasan kondisi kipas pada perangkat tersebut mati atau tidak bisa berputar. Masalah ini bisa terjadi akibat adanya debu, sehingga membuat kipas laptop menjadi tidak berfungsi. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda mengecek serta membersihkan kipas tersebut.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membongkar casing pada bagian bawah laptop. Selanjutnya cari kipas yang terletak pada bagian tersebut. Kemudian lepaskan seluruh baut kipas. Jika kipas sudah terlepas, lalu coba bersihkan fannya dengan kuas atau dengan menggunakan tiupan angin.

Jika sudah Anda bersihkan, maka pastikan terlebih dahulu kipas mati atau tidak dengan cara memeriksanya. Saat dipastikan masih mati, ada kemungkinan besar jika kipas laptop tersebut memang rusak.

Ganti Kipas Laptop

Saat memastikan kipas laptop tidak berputar, akan lebih baik tidak memperbaiki kipasnya. Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Hal ini karena jika tetap memperbaiki kipas mati kadang RPM atau putarannya tidak kencang saat kipas masih normal. Hal ini justru menyebabkan laptop jadi panas, bahkan cenderung membuat si laptop overheat.

Nah, untuk menggantinya, juga tidak sulit untuk Anda lakukan. Anda hanya perlu mendatangi ke lokasi service center untuk ganti kipas sekaligus melakukan pemasangan. Namun jika Anda ingin bongkar laptop tersebut sendiri, maka bisa juga beli komponennya saja.

Kipas laptop tidak berputar kini bisa Anda coba atasi sendiri. Sebaiknya Anda perlu membersihkan komponen tersebut dengan rutin, baik itu enam bulan hingga satu tahun sekali. Bahkan juga bisa pasang cooling fan tambahan saat suhu ruangan tak mendukung. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kinerja kipas tetap optimal.