Gadget  

Penyebab Baterai HP Tidak Bisa di Cas yang Perlu Anda Tahu

Penyebab Baterai HP Tidak Bisa di Cas yang Perlu Anda Tahu
Unews.id

Baterai HP tidak bisa di cas menjadi masalah besar yang harus dihadapi pemiliknya. Sebab jika tidak bisa di charger tentu akan mengakibatkan ponsel mati dan tidak bisa berfungsi. Untuk bisa mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda cari tahu dulu apa faktor yang mengakibatkan baterai tidak bisa masuk daya. 

Padahal seharusnya daya baterai akan bertambah saat terhubung dengan perangkat cas. Sehingga lama-kelamaan baterai akan penuh. Namun, jika baterai di cas, namun daya etap justru malah berkurang, tentu ada masalah yang terjadi pada perangkat. Pastikan Anda tahu apa yang mengakibatkan hal tersebut terjadi.

Penyebab Baterai HP Tidak Bisa di Cas

Ada banyak faktor yang mengakibatkan baterai tidak bisa dicas. Sebaiknya Anda tahu apa penyebabnya jika baterai hp Anda tidak bisa dicharge. Kemungkinan ada beberapa masalah yang mungkin terjadi:

Kabel Charger Rusak

Pastikan bahwa kabel charger yang digunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Penyebab baterai HP tidak bisa di cas mungkin karena kabelnya. Kabel cas yang rusak sering dijumpai karena berbagai hal. Kemungkinan kabel yang sering tergulung yang akan merusak komponen bagian dalam. Jika kabel charger rusak, cobalah untuk menggantinya dengan kabel yang baru.

Port Charger Rusak

Port charger pada perangkat Anda mungkin rusak dan tidak dapat mengisi daya baterai dengan benar. Coba bersihkan port charger dengan hati-hati dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menghalangi pengisian daya. Jika port charger sudah rusak, bawa perangkat Anda ke pusat servis terdekat untuk perbaikan. Sebab masalah ini bisa menjadi penyebab baterai HP tidak bisa di cas.

Baterai Rusak

Baterai hp yang rusak atau sudah habis umur bisa menyebabkan masalah pengisian daya. Cobalah untuk mengganti baterai dengan baterai yang baru.

Baterai yang rusak dapat mengakibatkan masalah pengisian daya pada perangkat. Beberapa gejala yang mungkin terjadi ketika baterai rusak mulai dari baterai tidak terisi penuh atau terisi dengan lambat. Baterai cepat habis dan perangkat mati secara tiba-tiba.

Jika Anda mengalami masalah seperti di atas, kemungkinan besar baterai perangkat Anda perlu diganti. Baterai yang rusak tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru. Pastikan untuk membeli baterai yang sesuai dengan jenis dan merek perangkat Anda.

Overheat

Jika perangkat Anda terlalu panas atau overheat menjadi penyebab baterai HP tidak bisa di cas. Jika masalah ini terjadi, maka baterai mungkin tidak dapat dicharge. Biarkan perangkat Anda dingin sejenak sebelum mencoba untuk mengisi daya. Sebaiknya biarkan perangkat dingin dan gunakan charger yang sesuai.

Masalah pada Software

Masalah pada software yang mengatakan baterai HP tidak bisa di-charge bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari kesalahan pada pengaturan sistem kerusakan pada hardware, dan gangguan pada kabel charger. HP mengalami kerusakan atau kotor juga bisa membuat baterai tidak bisa di-charge.

Coba periksa port pengisian daya pada HP dan bersihkan jika ada kotoran atau debu yang menempel di sana. Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah masih terjadi, Anda bisa membawa HP ke toko reparasi untuk diperiksa lebih lanjut. Beberapa masalah software pada perangkat Anda mungkin menghambat pengisian daya. Cobalah untuk me-restart perangkat Anda atau lakukan reset pabrik jika diperlukan.

Jika baterai HP tidak bisa di charge tetap berlanjut, sebaiknya Anda membawa perangkat Anda ke pusat servis terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.