Gadget  

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Kena Air Perlu Diterapkan

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Kena Air
pexels.com

Cara memperbaiki keyboard laptop kena air bisa Anda praktikkan. Mungkin Anda pernah ingin minum air, namun justru tidak sengaja tumpah ke atas keyboard. Kemungkinan lain ada benda cair yang tidak sengaja tersenggol dan akhirnya mengenai keyboard Anda.

Biasanya masalah tersebut akan membuat keyboard tidak berfungsi normal. Bahkan saat menekan salah satu tombolnya tidak bisa menampilkan output di layar. Untuk itu, Anda bisa coba cari cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Kena Air, Ini Langkahnya

Jika bekerja sambil makan atau minum terkadang membuat aktivitas yang dilakukan terasa lancar. Namun bagi beberapa orang ceroboh, aktivitas tersebut bisa saja mendatangkan masalah akibat keyboard terkena air.

Jika benar terjadi, Anda akan kebingungan mencari cara mengatasinya. Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop dalam posisi charge, maka Anda bisa segera lepas kabel charger tersebut. Laptop yang terkena air hanya akan menghantarkan arus listrik lebih tinggi hingga mengakibatkan setruman. Hal tersebut akan membuat komponen utama seperti motherboard juga terkena efek korosi akibat kena air.

Matikan Laptop

Jika perangkat laptop yang digunakan terkena air, akan lebih baik segera mematikannya. Hal ini agar komponen yang berfungsi menyimpan baterai serta menghantarkan listrik tetap terjaga. Anda bisa membolak-balikkan keyboard hingga 70% air yang tumpah berhasil keluar. Jika tidak keluar, maka perlu mencari cara lainnya yang lebih efektif.

Anda bisa memastikan keyboard sudah tidak bisa ditekan, namun tidak memiliki mouse. Sehingga Anda bisa mengabaikan prosedur dalam mematikan laptop yang tepat. Jika mengalami kondisi darurat, sebaiknya mencabut semua kabel yang masih ada di stop kontak.

Membersihkan Laptop Selebar Mungkin

Cara memperbaiki keyboard laptop kena air selanjutnya dilakukan dengan membuka laptop dengan selebar mungkin. Hal ini agar komponen tersebut mudah untuk Anda lepas. Namun, Anda perlu memastikan bahwa perangkat tersebut sudah tidak terkoneksi dengan listrik agar terhindar dari korsleting.

Jika sudah membuka laptop selebar mungkin, lalu posisikan laptop dengan menghadap ke bawah. Anda perlu memposisikan laptop layaknya membentuk tenda serta membiarkan posisinya selama beberapa jam.

Tujuannya agar bisa mengeluarkan air yang sudah terlanjur masuk lebih ke dalam. Hal ini juga akan mencegah masuknya cairan lebih dalam ke komponen laptop. Jika sudah masuk, maka akan menyebabkan kerusakan pada hardware.

Gunakan Kipas Angin

Cara memperbaiki keyboard laptop kena air bisa dilakukan dengan kipas angin. Sebagian air yang sudah Anda coba singkirkan perlu segera dibersihkan. Penggunaan kipas angin bisa jadi solusi jika tidak memiliki hair dryer. Pastikan untuk mengeringkannya secara merata. Sehingga proses pengeringannya bisa menjadi lebih cepat.

Lepas Baterai Laptop

Solusi selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan melepas komponen baterai laptop. Tujuannya sama saat Anda mematikan laptop agar memutus aliran listrik yang masih mengalir. Jika tipe laptop tersebut menggunakan baterai cabut, akan lebih baik cabut segera baterai laptop Anda.

Bongkar Keyboard Laptop

Cara yang paling maksimal yakni membongkar keseluruhan tombol keyboard laptop. Anda bisa membersihkannya secara leluasa tanpa adanya halangan tombol. Namun perlu Anda ingat, jika membongkar keyboard perlu memiliki keahlian khusus. Sebab, jika tidak bisa mengembalikannya akan menyebabkan kerusakan pada keyboard.

Cara memperbaiki keyboard laptop kena air bisa Anda coba lakukan. Langkah tersebut sebagai solusi agar kerusakan laptop tidak terlalu parah.