Gadget  

Cara Menghemat Baterai HP Oppo untuk Pengggunaan Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai HP Oppo
nextren.grid.id

Para pecinta produk smartphone keluaran Oppo, wajib tahu cara menghemat baterai hp Oppo agar lebih awet penggunaannya. Brand Oppo menjadi salah satu brand smartphone yang banyak digemari masyarakat Indonesia karena spesifikasi produknya yang memadai dan harga penjualan yang cukup terjangkau.

Selain hal tersebut, produk smartphone Oppo ini juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar. Namun, saat Anda menggunakannya dalam intensitas yang tinggi baterai tersebut akan dengan cepat mengalami penurunan dan habis.

Simak, Cara Menghemat Baterai HP Oppo

Mengutip dari penjelasan sebelumnya, bahwa kapasitas baterai HP Oppo dapat menurun seiring dengan penggunaan dalam intensitas yang tinggi. Namun, terdapat beberapa cara untuk menjadi alternatif Anda dalam menghemat kapasitas baterai tersebut. Berikut beberapa metode menghemat baterai HP Oppo:

Atur Tingkat Kecerahan Layar

HP OPPO dapat mengaktifkan fitur ‘Auto Brightness’ yang akan mengatur tingkat kecerahan secara otomatis sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Meski terbilang praktis, tetapi fitur ini justru akan mengkonsumsi daya baterai semakin banyak. Penyebabnya adalah karena perubahan tingkat kecerahan yang terjadi secara terus menerus untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan.

Untuk cara menghemat baterai hp oppo Anda dapat mematikan kan fitur ‘Auto Brightness’ agar menghemat daya baterai saat Anda menggunakannya. Anda dapat merubahnya dengan mengatur tingkat kecerahan secara manual sesuai dengan keperluan dan lingkungan sekitar Anda. Pengaturan tingkat kecerahan manual juga dapat menyesuaikan dengan kenyamanan mata.

Aktifkan Fitur Power Saving Mode atau Super Power Saving Mode

Saat HP Oppo tidak banyak digunakan untuk berbagai aktivitas, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur ‘Power Saving Mode’. Fitur ini berfungsi untuk membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang,  sehingga fitur ini membantu untuk menghemat daya baterai.

Mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode dapat memungkinkan konsumsi energi baterai pada smartphone menjadi lebih hemat. Biasanya fitur ini digunakan saat kondisi daya baterai sudah kritis atau hampir habis.

Lepas Pemasangan Aplikasi yang Menguras Daya Baterai

Aplikasi yang terpasang pada perangkat smartphone, dapat menjadi penyebab utama terkurasnya daya baterai ponsel Anda. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya fitur yang tersedia pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Bisa juga karena penggunaan yang terlalu sering pada aplikasi dan adanya notifikasi yang selalu ada karena aplikasi-aplikasi tersebut. Sehingga melepas pemasangan pada aplikasi yang tidak sering Anda gunakan, dapat menjadi cara menghemat baterai hp Oppo yang berikutnya. Alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengakses layanan tersebut melalui aplikasi browser.

Gunakan Widget Seperlunya

Widget adalah salah satu fitur yang berguna sebagai pintasan dan akan tampil pada halaman utama atau Home Screen. Selain tampilannya yang menarik, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk dapat mengakses beberapa fitur penting lain dengan lebih cepat dan praktis.

Namun, semakin banyaknya widget yang Anda gunakan sehingga akan muncul pada halaman Home Screen. Hal ini tentu akan menguras daya baterai lebih banyak lagi dan menurunkan daya baterai dengan lebih cepat. Anda dapat mengutamakan widget yang sering Anda gunakan untuk dapat menghemat konsumsi daya baterai.

Aktifkan Beberapa Fitur Sesuai Keperluan

Fitur NFC, GPS, dan Bluetooth yang aktif secara terus menerus dapat memakan daya baterai ponsel Oppo Anda. Sebaiknya Anda mengaktifkan fitur-fitur tersebut sesuai dengan keperluan penggunaan.

Apabila Anda sedang berada pada daerah yang susah sinyal, sebaiknya Anda mematikan koneksi jaringan data seluler lalu mengganti dengan fitur ‘Airplane Mode’. Hal ini agar tidak menyerap daya baterai semakin banyak karena sinyal yang terus berganti-ganti.

Itulah cara menghemat baterai hp Oppo yang dapat Anda gunakan untuk dapat menjaga daya baterai tetap awet saat penggunaannya. Akan lebih efektif jika semua cara di atas Anda terapkan ke smartphone Anda.