Gadget  

4 Cara Hemat Baterai iPhone iOS 16 yang Perlu Anda Tahu

Cara Hemat Baterai iPhone
youtube.com

Bagi Anda sebagai pengguna iPhone, tentunya harus mengetahui bagaimana cara hemat baterai iPhone. Dapat dikatakan bahwa sulit untuk disangkal ikan brand besar seperti Apple tidak membuat masyarakat akan mulai berpaling dari teknologi Android beralih ke iOS.

Hal tersebut dikarenakan dari segi ketahanan baterainya saat Anda sudah tidak perlu merasa ragu lagi. Bahkan pada series iPhone 13 menampilkan sebuah iklan yang menunjukkan sebuah ketahanan baterainya bisa lebih dari 12 jam (long live).

Untuk itu, Anda perlu menyimak ulasan berikut ini mengenai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai iPhone.

Cara Hemat Baterai iPhone

Pada dasarnya, baterai mempunyai peranan penting ketika terpasang pada suatu perangkat elektronik. Mengutip dari laman resmi support.apple.com, teknologi baterai yang telah terpasang pada iPhone memakai model lithium ion. Maka, komponennya dapat Anda isi dayanya secara cepat. Apabila Anda bandingkan dengan generasi yang lama yang memakan NiMh.

Bagi Anda yang mungkin saja menjadi salah satu orang yang sudah memperbarui iOS 16 serta mengalami baterai lebih cepat terkurasnya. Anda hanya perlu tenang, terdapat beberapa cara hemat baterai iPhone sebelum memperoleh update dari Apple.

Aplikasi Photo

Aplikasi tersebut menerapkan algoritma pengenalan wajah di foto dan juga video serta machine learning. Bukan hanya itu, aplikasi tersebut juga telah memakai chip seri A yang menjalankan operasional kompleks serta konsumsi baterai.

Kemudian pada iOS 16, terdapat fitur baru yang akan memunculkan foto duplikasi pada library foto dengan otomatis. Hal tersebut memakai pemrosesan pada perangkat dalam menelusuri banyaknya gambar yang terdapat dalam perangkat serta melakukan identifikasi kemungkinan duplikasi. Maka, proses itu akan membutuhkan waktu serta daya baterai.

Semakin banyak foto serta videonya, maka akan semakin membutuhkan waktu dalam pemrosesan tersebut. Untuk itu, terdapat saran dari Apple yaitu iPhone tetap terhubung semalaman dengan jaringan WiFi serta akan mengurangi beban di baterai.

Spotlight Search Indexing

Cara hemat baterai iPhone berikutnya yaitu spotlight search indexing. Supaya bisa memberikan sebuah hasil dalam pencarian konten sampai aplikasi, iPhone perlu mengindeks kontes keseluruhan yang ada pada aplikasi dengan memakai pemrosesan pada perangkat. Tentunya cara tersebut akan menghabiskan masa penggunaan baterai.

Terdapat cara yang bisa membuatnya semakin mudah, yaitu Ada bisa masuk ke bagian Settings > Siri & Search, kemudian Anda nonaktifkan kemampuan Spotlight guna mencari dalam sebuah aplikasi. Sehingga terdapat aplikasi yang tidak akan masuk ke dalam indeks, dapat mematikan fungsi dari Show Content in Search.

Update Aplikasi

Perlu Anda Ketahui, bahwa melakukan update aplikasi begitu penting. Terkhusus setelah iOS 16 bergulir, aplikasi harus diperbarui guna mendukung sebuah teknologi serta sistem operasi terbaru. Kemungkinan besar akan terdapat pembaruan setelah peluncuran iOS 16, supaya aplikasi bisa mendukung iOS tersebut serta fitur yang barunya.

Aplikasi lama serta belum dilakukan pembaruan akan menguras baterai sebab kemungkinan memakai alat serta kode lebih lama.

Restart iPhone serta Memeriksa Battery Health

Seringkali setelah Anda melakukan update besar, iPhone kemungkinan akan mengalami sebuah gangguan. Sehingga restart bisa menjadi sebuah jawaban guna menyelesaikannya termasuk juga dalam mengembalikan masa penggunaan baterai menjadi kembali normal.

Perlu Anda ingat bahwa baterai iPhone seperti baterai lithium ion bisa kehilangan kapasitasnya seiring berjalanya waktu. Untuk cara hemat baterai iPhone Anda bisa membuka menu Settings serta klik Battery > Battery Health. Kemudian Anda akan melihat kapasitas baterai yang tersisa. iOS akan memberikan peringatan apabila baterai butuh ganti.