Gadget  

Speaker Laptop Tidak Bunyi, Cari Tahu Cara Mengatasinya

Speaker Laptop Tidak Bunyi
unsplash.com

Speaker laptop tidak bunyi hanya akan mengganggu aktivitas Anda. Setiap pengguna yang bagian pengeras suara pada laptopnya bermasalah perlu mencari cara mengatasinya.

Speaker yang terdapat pada sebuah laptop memiliki peran penting. Sebab, berguna untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Speaker laptop yang tidak memiliki suara bisa terjadi akibat beberapa hal.

Mulai dari masalah sistem driver error, sistem operasi belum update, kabel speaker putus, dan lain sebagainya. Jika mengalami masalah tersebut, Anda bisa mencoba mengatasinya terlebih dahulu. Anda tidak harus langsung membawanya pada tempat servis. Untuk itu, ketahui cara mengatasi masalah speaker laptop dengan mudah.

Speaker Laptop Tidak Bunyi, Simak Cara Mengatasinya

Laptop adalah salah satu peralatan elektronik yang banyak dimiliki orang, khususnya bagi yang bekerja maupun sekolah. Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan menonton film hingga bermain game. Meski kebanyakan penggunaan laptop pada berbagai macam perusahaan maupun sekolah dengan sistem online.

Saat Anda akan melakukan zoom bersama rekan kerja atau teman sekolah. Namun terkadang secara tiba-tiba mengalami kendala saat menggunakan alat tersebut. Adanya masalah tersebut yang akan membuat Anda takut dan khawatir. Suara laptop tiba-tiba hilang atau bahkan tidak terdengar suara sama sekali. Adapun beberapa cara mengatasi laptop tidak ada suara, adalah sebagai berikut.

Restart Laptop

Speaker laptop tidak bunyi bisa Anda coba atasi dengan restart laptop. Mungkin saja, kendala yang terjadi akibat adanya service sistem yang mengalami masalah. Kemungkinan lain terdapat aplikasi yang mengontrol atau mencegah untuk penggunaan speaker. Sebelum Anda mencoba langkah pemecahan lainnya, maka bisa restart laptop terlebih dahulu. Selanjutnya coba cek audio tersebut bisa teratasi atau belum.

Pada banyak kasus, perbaikan sederhana bisa Anda lakukan dengan restart laptop. Bahkan termasuk bisa mengatasi berbagai macam masalah lainnya yang terjadi pada sistem Windows. Namun jika metode ini tidak memberikan hasil yang sesuai, maka Anda bisa mencoba metode yang lainnya.

Periksa Volume

Anda bisa mencoba melihat serta memeriksa volume. Terkadang para pengguna sering lupa menyalakan volume. Sehingga perlu untuk memastikan, volume pada laptop tersebut sudah menyala dengan baik atau memang belum.

Terkadang beberapa penggunanya masih awam yang kelupaan, jika ternyata pengaturan speaker dalam kondisi mute atau volume 0%. Oleh karena itu, Anda bisa menyalakan laptop dan pastikan pengaturan volume hingga 100%.

Coba Menggunakan Headphone

Cara lainnya juga bisa dilakukan jika speaker laptop tidak bunyi yakni dengan mencolokkan headphone atau headset port headphone terhadap laptop yang digunakan. Jika ternyata headset atau headphone yang digunakan mengeluarkan suara, maka kemungkinan masalahnya terdapat pada speaker internal laptop.

Install Ulang / Update Driver Audio Bawaan

Jika saat menggunakan metode sebelumnya masih tidak bisa memperbaiki permasalahan pada terjadi speaker laptop. Sebaiknya Anda melakukan install ulang atau update driver speaker.

Sebab, pada dasarnya setiap laptop bisa mengeluarkan suara tanpa membutuhkan driver tambahan. Namun dalam kondisi tertentu, beberapa laptop perlu Anda lakukan install ulang secara manual agar bisa digunakan.

Gunakan Troubleshooter Audio

Langkah berikutnya Anda juga bisa menggunakan fitur troubleshooter dari Windows. Sehingga Anda bisa memperbaiki speaker laptop Anda tidak ada suaranya. Fitur tersebut yang  mendeteksi serta memberikan solusi pada setiap masalah yang berkaitan dengan audio laptop.

Tentu saat speaker laptop tidak bunyi hanya akan membuat kesal. Terlebih pada saat akan melakukan beberapa aktivitas penting. Kini Anda tidak perlu khawatir untuk mencoba beberapa cara mengatasinya dengan mudah.