Gadget  

Penyebab dan Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah
Pixabay.com

Cara memperbaiki headset mati sebelah, menarik untuk kamu ketahui! Headset yang mati sebelah bisa sangat menjengkelkan, terlebih perangkat gadget satu ini begitu penting untuk berkomunikasi maupun mendengarkan musik. Namun sebelum memutuskan membeli baru, ada baiknya kamu mengetahui penyebab headset mati sebelah dan cara mengatasinya.

Pahami Penyebab dan Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Headset merupakan salah satu perangkat elektronik yang bisa pengguna manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya bermain game, mendengarkan musik atau video serta aktivitas berkomunikasi online.

Kasus headset mati sebelah bukanlah hal yang aneh, pasalnya banyak orang kerap mengalaminya. Tak hanya pada perangkat lama, bahkan headset yang baru membeli saja bisa mengalami kerusakan serupa. Ada beberapa faktor yang bisa membuat headset mati sebelah seperti:

  • Kabel headset mengalami kerusakan atau putus pada salah satu sisi. Sehingga suara dari ponsel atau laptop hanya terdengar melalui kabel sebelah saja.
  • Jack audio perangkat atau pada headset itu sendiri mengalami kerusakan, alhasil suara hanya terdengar dari satu sisi.
  • Speaker pada salah satu sisi headset tidak bekerja sebagaimana mestinya.
  • Tak hanya rusak, konektor jack audio pada headset yang kotor atau aus juga bisa membuat suara hanya terdengar dari satu sisi saja.
  • Pengaturan audio pada perangkat yang tidak sesuai bisa menyebabkan suara hanya terdengar di lajur headset sebelah.

Tips Mengatasi Headset Mati Sebelah

Meski terdengar sedikit mustahil, headset yang mati sebelah ternyata bisa kamu perbaiki sendiri di rumah. Sehingga tidak perlu pergi ke tukang service atau membeli perangkat baru. Berikut ini beberapa cara memperbaiki headset mati sebelah yang bisa kamu coba.

1. Cek Pada Bagian Konektor

Seperti yang telah tertera sebelumnya, konektor yang kotor atau aus tentu akan sangat mengganggu fungsi headset. Karena itu, apabila headset kamu mati sebelah, langkah awal yang perlu dilakukan adalah memeriksa bagian konektor. Pastikan konektor tersebut terpasang dengan baik dan tidak longgar. Apabila konektor tidak pas tentu audio hanya akan keluar dari satu sisi.

Selain itu, lihat apakah konektor headset terkontaminasi debu atau kotoran. Jika iya, maka cobalah membersihkan konektor tersebut menggunakan kain atau sikat kecil. Upayakan membersihkan secara lembut agar tidak merusak permukaan konektor. Setelah bersih, pasang kembali headset dan lihat apakah masalahnya teratasi.

2. Periksa Pada Bagian Kabel

Jika langkah di atas ternyata tidak membuahkan hasil yang maksimal, maka cara memperbaiki headset mati sebelah berikutnya adalah memeriksa pada bagian kabel. Pasalnya, kabel headset yang rusak atau putus bisa menjadi penyebab suara hanya keluar dari satu sisi.

3. Memeriksa Bagian Setting Audio

Beberapa perangkat tentu memiliki setting audio yang bisa mempengaruhi output suara pada headset. Karena itu, pastikan pengaturan audio perangkat kamu sudah sesuai. Sehingga mampu mengeluarkan suara di kedua sisinya. Lihat juga pada bagian setelan kanal kiri dan kanan kanan pada perangkat apakah sudah berada di posisi on.

4. Coba di Perangkat Lain

Jika masalah belum juga teratasi, cobalah menggunakan headset di perangkat lain. Sebut saja mencoba melalui ponsel keluarga, perangkat laptop atau tablet. Jika masih mengeluarkan suara di satu sisi saja, maka bisa jadi masalah utamanya adalah headset itu sendiri.

Nah, demikian tadi ulasan tentang penyebab dan cara memperbaiki headset mati sebelah, yang bisa kamu coba. Jika masalah masih berlanjut, kamu mungkin perlu membawa headset ke ahli reparasi atau menggantinya dengan yang baru. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat!