Layanan Telegram Web di HP, Inilah Keunggulan dan Kelemahannya

Telegram Web di HP
Pixabay.com

Telegram Web di HP menjadi sebuah kemudahan bagi pengguna yang ingin mengakses platform media sosial ini. Namun tidak mempunyai kapasitas lebih untuk mengunduh aplikasinya di perangkat smartphone. Tak perlu khawatir, karena sejumlah fitur yang tersedia di Telegram web secara keseluruhan hampir sama dengan versi aplikasinya.

Cara Menggunakan Layanan Telegram Web di HP

Telegram merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang sangat populer. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi file apapun seperti link, gambar, hingga video secara cepat dan mudah. Bahkan, Telegram mampu mengirim file penting berukuran besar mencapai 2 GB.

Telegram Web barangkali terdengar cukup asing di telinga masyarakat. Terlebih sejauh ini mereka mengetahui bahwa Telegram hadir dengan layanan berbasis aplikasi. Meski demikian, layanan Telegram Web di HP memang benar adanya. Pengguna dapat mengakses sejumlah layanan lewat browser, tanpa menginstal aplikasi di smartphone. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kunjungi https://web.telegram.org/ lewat browser di HP.
  • Setelah tampilan utamanya muncul, lanjutkan dengan mengubah setelan Country menjadi Indonesia.
  • Jika Anda sudah mempunyai akun Telegram sebelumnya, maka cukup masukkan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi. Apabila belum memiliki, Anda bisa mengikuti prosedur untuk mendaftar terlebih dahulu.
  • Telegram akan mengirim kode verifikasi lewat nomor telepon yang didaftarkan.
  • Masukkan kode khusus yang terkirim melalui SMS untuk mengakses Telegram Web.
  • Setelah berhasil login, Anda bisa langsung menggunakan semua fitur yang tersedia di Telegram Web.

Cara Logout Telegram Web

Layanan Telegram Web juga menawarkan pilihan untuk menyimpan login. Sehingga Anda tidak perlu menulis nomor maupun kode verifikasi berulang-ulang ketika masuk. Meski demikian, untuk menjaga keamanan pastikan tidak menggunakan fitur ini jika mengakses di perangkat orang lain.

Apabila terpaksa mengakses Telegram Web di HP milik orang, upayakan selalu logout setelah selesai menggunakannya. Hal ini untuk mencegah risiko bocornya privasi dan hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut langkah-langkah untuk logout dari Telegram Web.

  • Buka Telegram Web di smartphone yang Anda gunakan ketika login sebelumnya.
  • Klik ikon garis tiga pada bagian pojok kiri atas.
  • Pilih Setting, kemudian Devices
  • Cari nama akun yang ingin dinonaktifkan.
  • Terakhir, pilih logout.

Keunggulan dan Kelemahan Telegram Web

Salah satu keunggulan yang patut Anda pertimbangkan dari layanan Telegram Web adalah fleksibilitas. Mengingat platform ini dapat Anda akses dengan mudah, tanpa harus menginstal aplikasi Telegram di perangkat ponsel pintar.

Hal tersebut tentu cukup membantu para pengguna yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan telepon. Selain itu, kemudahan akses Telegram Web juga menjadi keunggulan tersendiri, yang barangkali tidak bisa Anda temukan di platform lain. Karena tak hanya HP saja, namun Telegram Web juga bisa diakses melalui tablet, komputer dan laptop.

Namun layanan ini juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya keterbatasan fitur yang disediakan. Meski terbilang sama dengan versi aplikasi, ternyata ada beberapa fitur terbaru yang belum mampu disediakan oleh pihak Telegram Web.

Selain itu, banyak pengguna mengeluhkan akses notifikasi pada Telegram Web yang kurang responsif. Mereka kerap tidak menjumpai pemberitahuan muncul, padahal ada pesan masuk. Sehingga harus standby membuka web untuk memeriksa notifikasi secara manual.

Telegram Web di HP juga tidak bisa melayani panggilan suara maupun video call. Fiturnya hanya sebatas memfasilitasi pengiriman pesan berupa teks atau gambar saja. Kelemahan tersebut mungkin akan menimbulkan kesulitan bagi pengguna, yang terbiasa melakukan panggilan untuk komunikasi sehari-hari. Sekian, semoga informasi ini bermanfaat!